PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS II SEMESTER 2 DI MI MA’ARIF NU 01 TRITIH KULON CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Murosih, NIM: 1223310007 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS II SEMESTER 2 DI MI MA’ARIF NU 01 TRITIH KULON CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajarandan hasil belajarmatematika siswakelasII Semester 2 MI Ma’arif NU 01 Tritih Kulon Kabupaten Cilacap, dengan menggunakan Strategi Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengansubjek penelitian guru dan siswa kelas II B MI Ma’arif NU 01 Tritih Kulon sejumlah 16 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika melalui Strategi Index Card Match Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian. Penelitian inidilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan tes, observasidandokumentasi. Tes yang digunakan yaitu pre test dan post test. Observasi dilakukan untuk mengamati sikap danaktivitas siswa serta aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung denganmenggunakan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematikasetelah menggunakan strategi Index Card Match. Peningkatan ini ditandai oleh meningkatnya persentase ketuntsan kelas yaitu dari 31 % pada prasiklus meningkat menjadi 56 % pada siklus I dan 81 % pada siklus II. Aspek afektifjuga mengalami peningkatan padasiklus I dan siklus II. Dengan menggunakan Strategi Index Card Matchdariprasiklus, siklus I dan siklus II diperoleh data,lebihdari 75% darijumlah seluruh siswamendapat nilai ≥ 75, sehingga proses pembelajaran matematika denganmenggunakanStrategi Index Card Match dipandang dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar,Matematika,Perkalian dan Pembagian, Strategi Index Card Match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 00:43
Last Modified: 29 Aug 2016 00:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item