MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Fera, Setyowati (2020) MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERA SETYOWATI_MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi ini, teknologi berkembang dengan pesat. Begitu juga dengan bahasa. Bahasa juga mengalami kemajuan dan banyak perubahan, salah satunya adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris bukan lagi bahasa tren semata melainkan sudah menjadi keharusan dan kebutuhan, karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional, yang artinya bahasa Inggris menjadi bahasa komunikasi di dunia. Oleh sebab itu pemerintah melakukan berbagai upaya melalui pendidikan, salah satunya adalah melalui program bilingual. Program bilingual adalah program yang dimana beberapa mata pelajaran (Sains dan Matematika) diajarkan dalam bahasa Inggris. Penyelenggaraan program bilingual ini, dimulai sejak dini hingga perguruan tinggi. Selain itu, kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam menerapkan model pembelajaran, sumber belajar lebih khususnya model pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga dapat mempermudah siswa menerima pelajaran secara efektif dan efisien, serta menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengacu pada teori Miless dan Hubberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran bilingual yang digunakan kelas bilingual di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon terdapat dua model, yaitu 1) model pembelajaran bilingual kooperatif (model pembelajaran secara berkelompok), 2) model pembelajaran CLT (Communicative Language Teaching). Dari kedua model pembelajaran tersebut, masing-masing model pembelajaran sudah diterapkan dan digunakan dengan baik, sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien serta mencapai dapat mencapai tujuan pembelajaran bilingual di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon, meskipun belum sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Bilingual.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 420 English and Old English > 420.7 Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fera Setyowati sdr
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:53
Last Modified: 24 Nov 2020 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

View Item View Item