METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH (BAA) 01 BAWANG KECAMATAN BAWANG BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FERIHAH AZIZAH, NIM. 102338159 (2014) METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH (BAA) 01 BAWANG KECAMATAN BAWANG BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text
FERIHAH AZIZAH_METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH (BAA) 01 BAWANG KECAMATAN BAWANG BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014 2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. PembelajaranNilai Agama dan Moral merupakan salah satu bidang pengembangan kemampuan dasar pada pendidikan anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di BA ‘Aisyiyah karena siswanya memiliki kemampuan dalam bidang keagamaan dan memiliki kebiasaan, adab dan sopan santun yang baik. Penelitian tentang Metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral anak usia dini di Bustanu Athfal ‘Aisyiyah Bawang Kecamatan Bawang Banjarnegara, fokus penelitiannya adalah “Bagaimana Penerapan Metode PembelajaranNilai Agama dan MoralAnak Usia Dini di Bustanu Athfal ‘Aisyiyah 01 Bawang Kecamatan Bawang BanjarnegaraTahun Pelajaran 2014/2015?” Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan metode pembelajaran NilaiAgama dan Moral anak usia dini, (2) Metode Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penerapanmetode pembelajaran, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdiri, struktur organisasi, keadaan siswa, guru, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan evaluasiPembelajaran NilaiAgama dan Moral anak usia dini.Analisis datayang digunakan adalah analisis kualitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat dimpulkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral yang dilaksanakandi Bustanu Athfal ‘Aisyiyah Bawang Kecamatan Bawang Banjarnegara sudah berjalan dengan baik. Metode yang digunakan antara lain: metode bercerita, bermain, menyanyi, tanya jawab, keteladanan, pembiasaan, demonstasi, penugasan, dan karya wisata. Metode-metode tersebut digunakan secara bergantian dan bervariasi dan dilaksanakan semenarik mungkin sehingga anak tidak bosan dan menggunakan prinsip bermain sambil belajar. KataKunci: Metode,Pembelajaran Nilai Agama dan Moral, Anak UsiA Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:25
Last Modified: 26 Aug 2016 07:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item