EFEKTIVITAS METODE TAKRIR DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN KELAS LEADER DI SD AL-IRYAD 02 CILACAP

Afanin Salma, Fikriyyah (2020) EFEKTIVITAS METODE TAKRIR DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN KELAS LEADER DI SD AL-IRYAD 02 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AFANIN SALMA FIKRIYYAH_EFEKTIVITAS METODE TAKRIR DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN KELAS LEADER DI SD AL-IRSYAD 02 CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Efektivitas merupakan ukuran yang menyatakan sejauh mana tujuan (kualitas, kuantitas, dan waktu) telah dicapai. Pengukuran efektivitas pada saat pembelajaran sangat penting untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dalam suatu pembelajaran tahfidzul Qur’an di SD Al-Irsyad 02 Cilacap. Tahfidzul Al-Qur’an merupakan salah satu program yang diunggulkan di SD Al-Irsyad Cilacap. Tahfidzul Qur’an berasal dari kata Tahfidz dan Al-Qur’an. Tahfidz berarti menghafal, sedangkan menghafal berasal dari kata hafal yang artinya telah masuk diingatan, dapat diucapkan diluar kepala (tanpa melihat catatan apapun) yang dimaksud adalah Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode takrir yang digunakan dalam mata pelajaran Tahfidzul Qur’an kelas leader di SD Al-Irsyad 02 Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data yang digunakan pada analisis data studi kasus kualitatif adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik tersebut digunakan sebagai acuan penulisan hasi penelitian dan mempermudah memahami deskriptif yang disajikan pada hasil akhir penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam menunjang keberhasilan dan keefektifan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di kelas leader, sekolah mempunyai program unggulan untuk kelas leader yaitu kegiatan muqoyyam, kegiatan muqoyyam itu merupakan kegiatan keagamaan yang dimana peserta didik menginap di sekolah untuk melakukan rangkaian kegiatan keagamaan seperti menghafalkan Al-Qur’an, dan kegiatan keagamaan lainnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa menggunaan metode takrir dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an efektif untuk peserta didik yang menghafalkan Al-Qur’an. Kata Kunci : Efektivitas Metode Takrir, Tahfidzul Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Metode Takrir, Tahfidzul Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afanin Salma Fikriyyah
Date Deposited: 07 Nov 2020 14:00
Last Modified: 07 Nov 2020 14:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8997

Actions (login required)

View Item View Item