PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN KARTU POSITIF NEGATIF PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI MA’ARIF NU 01 BANJARANYAR PEKUNCEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

UMI HANI, NIM : 102335010 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN KARTU POSITIF NEGATIF PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI MA’ARIF NU 01 BANJARANYAR PEKUNCEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
UMI HANI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN KARTU POSITIF NEGATIF PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP MI MA’ARIF NU 01 BANJARANYAR PEKUNCEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar yang rendah siswa kelas IV MI Ma’arif NU 01 Banjaranyar, khususnya pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Bedasarkan latar belakang di atas peneliti bekerjasama dengan kolaborator mencari solusi dari permasalahan tersebut. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah “Apakah penggunaan kartu positif negatif dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV semester genap MI Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV semester genap MI Ma’arif NU 01 Banjaranyar Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan kartu positif negatif. Penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah suatu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan siswa MI Ma’arif NU 01 Banjaranyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dibanding sebelum tindakan. Sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (65) adalah 11siswa atau 39,29% dengan rata-rata nilai 63,57.Pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM (65) adalah 16 siswa atau 57,14% dengan rata-rata 73,57.Sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas KKM (65) sudah mencapai 25 siswa atau 89,29% dengan rata-rata 88,21.Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kartu positif negatif dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV MI Ma’arif NU 01 Banjaranyar Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:52
Last Modified: 25 Aug 2016 07:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item