PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI MUHAMMADIYAH 01 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS

Nurul, Qomariyah (2020) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI MUHAMMADIYAH 01 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURUL QOMARIYAH_Pendidikan Karakter Disiplin dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan di MI Muhammadiyah 01 Sirau Kemranjen Banyumas (1).pdf

Download (809kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter disiplin adalah usaha pemberian tuntunan kepada peserta didik supaya memiliki kontrol diri untuk menaati segala peraturan dan tata tertib yang ada, serta menjauhi segala penyimpangan dan pelanggaran yang dapat merugikan baik bagi peserta didik maupun sekolah secara keseluruhan, yang diharapkan hal tersebut dapat diterapkan pula dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah tidak hanya berkewajiban memberi ilmu pengetahuan saja lebih dari itu sekolah juga wajib menanamkan nilai-nilai karakter termasuk karakter disiplin pada peserta didiknya sehingga sekolah tidak hanya mencetak generasi cerdas namun mampu mencetak generasi yang berkarakter baik. Penanaman pendidikan karakter disekolah dapat disisipkan pada kegiatan ekstrakurikuler termasuk pada ekstrakurikuler kepramukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan kedisiplinan dalam ekstrakurikuler kepramukaan dan strategi yang digunakan pembina dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler kepramukaan di MI Muhammadiyah 01 Sirau Kemranjen Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Muhammadiyah 01 Sirau Kemranjen Banyumas diperoleh dari Pembina pramuka dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif model Milles dan Hubberman yang mencakup: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler kepramukaan di MI Muhammadiyah 01 Sirau Kemranjen sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan pada Bab II yaitu teori dari Jamal Ma’mur Asmani bahwa disiplin dibagi menjadi 4 yakni disiplin waktu, disiplin sikap, disiplin mentaati peraturan dan disiplin beribadah. Bentuk kedisiplinan dapat diterapkan pada latihan rutin pramuka, kegiatan upacara, kegiatan partisipan, kegiatan religious dan cinta alam sekitar. Sedangkan strategi yang pembina pramuka gunakan untuk menanamkan pendidikan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler kepramukaan adalah strategi pengajaran, keteladanan, pembiasaan dan juga hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pendidikan karakter, karakter disiplin, ekstrakurikuler pramuka
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Nurul Qomariyah
Date Deposited: 07 Nov 2020 01:57
Last Modified: 07 Nov 2020 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8921

Actions (login required)

View Item View Item