IMPLEMENTASI METODE BAGHDADIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTS MA'ARIF NU 01 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Umul, Khasanah (2020) IMPLEMENTASI METODE BAGHDADIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTS MA'ARIF NU 01 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UMUL KHASANAH _IMPLEMENTASI METODE BAGHDADIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTS MA'ARIF NU 01 SUMBANG KABUPATEN B.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini dikarenakan melihat fenomena pada masa sekarang dimana banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bahkan terkadang belum bisa sama sekali walaupun mereka berasal dari lulusan madrasah sekalipun, biasanya guru atau ustadz dalam pembelajarannya menggunakan metode yang kurang menarik sehingga siswa merasa cepat bosan ketika mengikuti pembelajaran. Dan di MTs Ma’arif NU 01 Sumbang terdapat kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Baghdadiyah yang membuat peneliti merasa tertarik untuk meneliti tentang bagaimana implementasi metode Baghdadiyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 01 Sumbang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Baghdadiyah di MTs Ma’arif NU 01 Sumbang yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan tahap evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Kepala MTs Ma’arif NU 01 Sumbang, Guru MTs Ma’arif NU 01 Sumbang, dan Siswa MTs Ma’arif NU 01 Sumbang, juga pengamatan langsung dari implementasi metode Baghdadiyah. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 01 Sumbang menggunakan metode Baghdadiyah dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas 7.1, 7.2, dan kelas 7.3. Adapun kelas 7.1 terdiri dari siswa yang masih belajar huruf hijaiyyah, kelas 7.2 terdiri dari siswa yang sudah belajar menggunakan modul dan kelas 7.3 terdiri dari siswa yang sudah belajar menggunakan modul dan hafalan juz ‘amma. Adapun pengelompokkan kelas berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan pada hari ke-4 setelah kegiatan MOBDIK. Kata kunci : Implementasi Metode Baghdadiyah, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Akhir
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Umul Khasanah
Date Deposited: 06 Nov 2020 01:38
Last Modified: 06 Nov 2020 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8897

Actions (login required)

View Item View Item