STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SEKOLAH DASAR ISLAM LENTERA INSAN CHILD DEVELOPMENT AND EDUCATION CENTER CIMANGGIS DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013/20

TITIAN SITI NURJANAH, NIM. 092331098 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SEKOLAH DASAR ISLAM LENTERA INSAN CHILD DEVELOPMENT AND EDUCATION CENTER CIMANGGIS DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013/20. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
TITIAN SITI NURJANAH_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS INKLUSI DI SEKOLAH DASAR ISLAM LENTERA INSAN CHILD DEVELOPMENT AND EDUCATION CENTER CIMANGGIS DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan sebuah pendekatan yang berusaha mentransformasi sistem pendidikan dengan meniadakan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi setiap siswa untuk berpartisipasi penuh dalam pendidikan. Dengan kata lain pendidikan inklusi adalah pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh guru yang menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi dalam mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas inklusi di SD Islam Lentera Insan CDEC Cimanggis Depok. Pemilihan strategi pembelajaran tersebut di dasarkan pada pertimbangan tujuan pembelajaran, SK dan KD, materi pembelajaran, keadaan kelas, waktu yang tersedia dan kemampuan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan menggali data dari guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah dan guru siswa istimewa atau guru pendamping khusus melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SD Islam Lentera Insan CDEC Cimanggis Depok diantaranya strategi pembelajaran kontekstual, kooperatif, team teaching dan strategi pembelajaran aktif jenis modelling the way dan peer lesson. Strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran PAI yaitu guru mengaitkan materi yang ada dengan situasi kehidupan nyata. Strategi ini diterapkan dengan cara guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, kemudian setiap kelompok berdiskusi mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Strategi pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang dalam pelaksanaannya dilakukan dengan teknik berkelompok. Strategi pembelajaran ini diterapkan dengan cara peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap-tiap kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya. Strategi pembelajaran team teaching yaitu strategi pembelajaran yang dalam pelaksanaanya dilakukan oleh beberapa guru (tim guru) yaitu ketika guru PAI sedang menjelaskan maka guru pendamping khusus membantu jalannya proses pembelajaran. Strategi ini diterapkan dengan cara guru PAI dan guru pendamping khusus merencanakan pembelajaran yang disusun secara bersama. Strategi pembelajaran modelling the way yaitu strategi pembelajaran yang dalam pelaksanaannya memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktikkan ketrampilan spesifik yang dipelajari di kelas melalui demonstrasi, seperti mempraktekan tata cara shalat. Strategi pembelajaran peer lesson (belajar dari teman) yaitu strategi pembelajaran yang dalam pelaksanaannya saling mengajari antara peserta didik yang satu dengan yang lain. Kata Kunci: StrategiPembelajaran, Pendidikan Agama Islam, dan Kelas Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:58
Last Modified: 25 Aug 2016 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item