Muhammad, Syafiqurrohman (2020) Implementasi Pendidikan Keberagamaan Inklusif di SMK Yos Sudarso Kawunganten Cilacap. Masters thesis, IAIN urwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
Muhammad Syafiqurrohman_Implementasi Pendidikan Keberagamaan Inklusif di SMK Yos Sudarso Kawunganten.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Beberapa faktor yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam mengimplementasikan sikap keberagamaan inklusif di SMK Yos Sudarso Kawunganten adalah keprofesionalan guru, pemanfaatan sumber belajar, fasilitas belajar dan kepemimpinan sekolah itu sendiri. Implementasi keberagamaan sikap inklusif dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu melalui pembelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler dan melalui budaya-budaya sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi sikap keberagamaan inklusif di SMK Yos Sudarso Kawunganten melalui tiga metode yaitu melalui pembelajaran di dalam kelas, melalui kegiatan ekstrakurikuler dan melalui budaya-budaya sekolah. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan observasi partisipasi, wawancara terpimpin dan dokumentasi. Tekhnik-tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian implementasi pendidikan keberagamaan inklusif di SMK Yos Sudarso Kawunganten Cilacap dilakukan dengan tiga metode sebagai berikut: a) Implementasi pendidikan keberagamaan inklusif melalui Pendidikan Agma Islam dilaksanakan dengan baik sesuai dengan aturan pemerintah dan tujuan sekolah yaitu mengacu pada SKL, menggunakan metode pembelajaran dan praktik di luar kelas. b) Implementasi pendidikan keberagamaan inklusif melalui kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan kegiatan rutin sekolah seperti upacara bendera, olahraga, osis, rohis dan kepramukaan. c) Implementasi pendidikan keberagamaan inklusif melalui budaya sekolah dilakukan dengan membiasakan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), shalat dzuhur di sekolah dan mematikan kendaraan saat memasuki lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keberagamaan Agama, Sikap Inklusif |
Subjects: | 200 Religion > 207 Education, research in Christianity |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syafiqurohman Syafiqurohman |
Date Deposited: | 07 Nov 2020 02:06 |
Last Modified: | 07 Nov 2020 02:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8843 |
Actions (login required)
View Item |