METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI I RANCAMAYA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Jazilul Huda, NIM. 102331082 (2014) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI I RANCAMAYA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Jazilul Huda_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI I RANCAMAYA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia sebagai modal untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, pendidikan agama Islam merupakan usaha manusia untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam. Dengan pendidikan Islam diharapkan manusia mampu membentengi diri dari pengaruh globalisasi yang bersifat negatif, sehingga dapat mempengaruhi keyakinannya. Metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam memiliki pengaruh pada keberhasilan mengajar seorang pendidik. Sehingga setiap pendidik harus kompeten dalam menggunakan metode. Masalah yang terjadi adalah bagaimana menggunakan metode pembelajaran agar metode yang dipakai sesuai dengan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Rancamaya Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian naturalistik yang bersifat alami, sedangakan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru Mapel PAI, Siswa dan Kepala sekolah. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai awal analisis yang kemudian dianalisis dengan menelaah seluruh data dan kemudian mereduksi dan mengklasifikasi data. Penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI di SD Negeri 1 Rancamaya dalam menggunakan metode selalu mempertimbangkan berbagai hal agar metode yang dipakai dapat sesuai dengan materi yang diajarkan, beberapa hal tersebut diantaranya adalah: tujuan pembelajaran, siswa, guru, fasilitas, situasi dan kondisi, kelebihan dan kekurangan metode. Dalam pelaksanaannya guru tersebut tidak hanya menggunakan satu metode saja, melainkan beberapa metode dalam suatu pembelajaran. Beberapa metode yang dilakukan oleh guru sebagian besar sudah baik, namun beberapa metode masih ada kekurangan, diharapkan guru tersebut dapat melengkapi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada hingga sempurna. Kata kunci : Metode pembelajaran, pendidikan agama Islam, kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:23
Last Modified: 25 Aug 2016 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item