Titik, Suciati (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU CERITA BERGAMBAR PADA KETERAMPILAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Titik Suciati_Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Bergambar pada Keterampilan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Madrasah Ibtidaiyah.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan membaca merupakan salah satu kunci dasar bagi siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran di sekolah dengan baik, terutama pada jenjang pendidikan dasar di tingkat kelas rendah. Dengan siswa terampil membaca, mereka akan mudah memahami materi pelajaran. Salah satu penunjang dalam melatih keterampilan membaca siswa yaitu dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar dalam bentuk buku cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan produk buku cerita bergambar melalui enam tahap yaitu (1) analisis produk yang dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi produk, (4) revisi desain, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (6) uji coba skala luas dan produk akhir. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan dan menganalisis validitas bahan ajar buku cerita bergambar pada pembelajaran keterampilan membaca mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I Madrasah Ibtidaiyah. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas bahan ajar buku cerita bergambar pada pembelajaran keterampilan membaca mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I Madrasah Ibtidaiyah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar buku cerita bergambar dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Hasil uji validitas berdasarkan validasi dari validator bahan ajar dengan skor 4,8 dengan kategori baik, validator ahli materi dengan skor 4,8 dengan kategori baik. Kemudian didukung oleh respon guru terhadap penggunaan bahan ajar buku cerita bergambar pada uji coba terbatas diperoleh rata-rata 4,7 dengan kategori baik, dan respon guru terhadap penggunaan bahan ajar buku cerita bergambar pada uji coba luas diperoleh rata-rata 4,6 dengan kategori baik. Sedangkan respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar buku cerita bergambar pada uji coba terbatas diperoleh presentase 97% dengan kategori positif. Sementara respon siswa pada uji coba lapangan diperoleh presentase 9,8 % dengan kategori positif. (2) Penggunaan bahan ajar buku cerita bergambar hasil pengembangan yang telah dilakukan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,7 dengan kategori sedang. Sedangkan rata-rata N-gain pada kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar hasil pengembangan memperoleh rata-rata 0,1 dengan kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Buku Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Titik Suciaati |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 01:34 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 01:34 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8804 |
Actions (login required)
View Item |