Nur Ifani, Anggun Rahayu (2020) Kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.o. IAIN Purwokerto. ISBN 978-602-6730-72-5
|
Text
Kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0-1617401080-Nur Ifani Anggun R.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai bagaimana praktik kepemimpinan kepala pendidikan anak usia dini (PAUD) di era revolusi industri 4.0. Dimana banyak perubahan yang terjadi di dunia bisnis maupun pendidikan membuat seorang pemimpin harus menangani perubahan dan tantangan yang terjadi di pendidikan. Dalam sebuah lembaga pendidikan pasti memerlukan adanya kepemimpinan (leadership) untuk mengarahkan dan memberi contoh bagaimana cara yang baik untuk mengembangkan dan menggerakkan lembaga pendidikannya ke arah yang lebih baik lagi. Pemimpin harus mengarahkan, menggerakkan, serta memberikan berbagai ide dan inovasi-inovasi untuk lembaga PAUD agar tetap berjalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Era revolusi industri 4.0 merupakan nama trend dari otomatisasi, komputerisasi, digitalisasi dan pertukaran data terkini dengan teknologi. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan munculnya terobosan teknologi di sejumlah bidang. Tantangan bagi para pemimpin di era revolusi industri 4.0 semakin kompleks. Diharapkan dengan generasi digital, di mana mereka memiliki karakteristik sangat peduli terhadap identitas dirinya di dunia maya, memiliki rasa ingin tahu yang besar dan memiliki peluang untuk mengakses dengan memanfaatkan ICT. Penelitian ini dilakukan dengan metode content analysis atau analisis isi. Data-data yang digunakan berupa buku-buku dan jurnal yang memiliki tema yang sama. Hasil dari penulisan ini adalah 1) Kepemimpinan kepala pendidikan anak usia dini (PAUD) di era revolusi industri 4.0 merupakan upaya kepala pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk menangani perubahan yang terjadi di era revolusi industri 4.0 dengan mengarahkan, menggerakkan, memotivasi anggota untuk mewujudkan visi misi agar berjalan secara efektif dan efisien. 2) Kompetensi kepala pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan syarat menjadi seorang pemimpin yang memiliki standar menjadi seorang pemimpin. Di mana kompetensi yang dimiliki adalah kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi sosial. 3) Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan digitalisasi, miniaturisasi, dan virtualisasi, peran manusia akan digantikan oleh robot. Maka, untuk meningkatkan daya saing, generasi muda harus memaksimalkan akal budinya. Manusia tidak bisa mengalahkan kekuatan robot, namun manusia dapat mengendalikan akal sehat mereka. Tenaga kerja di era revolusi industri 4.0 sangat berbeda dengan tenaga kerja pada pendahulu kita. Dengan meningkatkan otomatisasi dan teknologi, ada tuntutan bagi para pemimpin untuk menghasilkan sesuatu yang lebih praktis. Kata Kunci: Kepemimpinan kepala pendidikan anak usia dini (PAUD), Era revolusi industri 4.0.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan kepala pendidikan anak usia dini (PAUD), Era revolusi industri 4.0. |
Subjects: | 2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.3 Kumpulan Hadits Bidang Tertentu 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 600 Technology (Applied sciences) > 606 Organizations 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sdri Nur Ifani Anggun Rahayu |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 15:48 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 15:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8698 |
Actions (login required)
View Item |