PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI 1 PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA

INDRI SUSANTI, NIM. 102331007 (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI 1 PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text
INDRI SUSANTI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI 1 PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi merupakan salah satu komponen yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran aktif didesain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik mempunyai sikap kemandirian, mampu berpikir kritis, dan kreatif. Maka dari itu pendidik dituntut untuk kreatif melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan materi dan diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Kelas V SD Negeri 1 Padamara Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola berpikir induktif dengan langkah-langkah yaitu menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Negeri 1 Padamara meliputi: persiapan penerapan strategi pembelajaran aktif, strategi pembelajaran aktif yang diterapkan yaitu: Reading Aloud, Reconnecting, Teks Acak, Practice Rehearsal Pairs, True or False, Reading Guide, Active Knowledge Sharing, dan Index Card Match. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidik mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Padamara sudah menerapkan berbagai macam strategi pembelajaran aktif, penerapan strategi pembelajaran aktif tersebut cocok diterapkan ke dalam materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Negeri 1 Padamara, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ingin dicapai. Hal tersebut dapat dilihat dari peserta didik yang aktif, interaktif, pembelajaran menjadi tidak monoton, dan peserta didik tertarik dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Pendidikan Agama Islam, SD Negeri 1 Padamara v

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 23 Aug 2016 04:15
Last Modified: 23 Aug 2016 04:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item