Titi Shokhifatul, Khoiri (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF NU KALIGIRI KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
TITI SHOKHIFATUL KHOIRI_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF NU KALIGIRI KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 20192020.pdf Download (744kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, masalah yang disajikan tidak hanya masalah-masalah yang dikerjakan secara langsung, namun banyak masalah-masalah yang disajikan merupakan masalah yang tidak bisa dikerjakan secara langsung. Dalam penyelesaian masalah yang tidak biasa ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa. Tinggi rendahnya kemampuan pemecahan masalah ini dipengaruhi berbagai faktor diantaranya faktor kecerdasan yang dimiliki siswa,baik kecerdasan intelegent (IQ) maupun kecerdasan emosional (EQ). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs. Ma’arif NU Kaligiri Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas VII MTs. Ma’arif NU Kaligiri. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket untuk mengukur kecerdasan emosional siswa dan tes untuk mengukur pemecahan masalah matematika siswa. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs. Ma’arif NU Kaligiri. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yaitu sebesar 35,7% , sedangkan 64,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan, Emosional, Kemampuan, Masalah, Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Sdri Titi Shokhifatul Khoiri |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 06:33 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 06:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8533 |
Actions (login required)
View Item |