MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PESANTREN DI ASRAMA MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERO BARAT

ANJAS, PRATAMA (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PESANTREN DI ASRAMA MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERO BARAT. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANJAS PRATAMA_MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PESANTREN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan segala sesuatu usaha pengaturan proses belajar mengajar dalam rangka tercapainya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Berjalannya kegiatan pembelajaran merupakan salah satu tujuan dari manajemen pembelajaran yang ingin dicapai. Oleh karena itu, untuk mendapatkan proses pembelajaran yang berkualitas dan maksimal, maka dibutuhkan adanya manajemen pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Pembelajaran Di Asrama MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, organisasi dan evaluasi di asrama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan terkait Manajemen pembelajaran berbasis pesantren di asrama MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berada di asrama MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, deskripsi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pembelajaran berbasis pesantren di asrama MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto barat ini terdari 4 macam yaitu 1) perencanaan dalam tahap ini menekankan kepada siswa agar bisa hidup mandiri, bertanggung jawab atas kewajibannya, serta mendalami ilmu agama agar siswa memiliki kesadaran yang tinggi dan memiliki akhlak yang baik. 2) pelaksanaan dalam pelaksanaan ini terdapat dua kegiatan yaitu kegiatan disekolah dan kegiatan di asrama sehingga siswa terpantau selama 24jam 3) Pengorganisasian dapat melakukan pembagian tugas dan wewenang yakni dengan membentuk koordinator, pembimbing asrama (Ustadz Asrama) dan koordinator pengelola keuangan. 4) evaluasi dalam tahapan ini MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat melakukan dua bentuk evaluasi yakni evaluasi formatif berfungsi untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan evaluasi sumatif menentukan angka kemajuan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Berbasis Pesantren, Asrama
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anjas Pratama sdr
Date Deposited: 02 Nov 2020 00:32
Last Modified: 02 Nov 2020 00:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8460

Actions (login required)

View Item View Item