Lilis, Parwati (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM KITAB NGUDI SUSILO KARYA KH. BISRI MUSTOFA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DARUL FAWAID DESA WELAHAN WETAN KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
LILIS PARWATI_IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM KITAB NGUDI SUSILO KARYA KH. BISRI MUSTOFA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DARUL FAWAID DESA WELAHAN WETAN KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Akhlak adalah suatu elemen yang sangat fundamental bagi manusia. Berbicara tentang akhlak maka tidak akan lepas pula berbicara mengenai masalah pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak dapat dilaksanakan dimana saja seperti di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Fawaid. Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Fawaid merupakan salah salah satu lembaga pendidikan non formal yang di dalamnya sebagai wadah untuk mendidik anak dengan menggunakan kitab klasik seperti kitab Ngudi Susilo yang digunakan sebagai pedoman untuk menanamkan akhlak secara mendasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak di dalam kitab Ngudi Susilo di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Fawaid. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas, sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Lokasi yang diteliti adalah Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Fawaid dengan subjek penelitian yakni kepala madrasah, guru, siswa dan orang tua. Adapun teknik analisis data penulis menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan / verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan akhlak melalui kitab Ngudi Susilo di Madrasah Diniyah Takmiliyah Darul Fawaid yaitu dengan: (a) metode pembiasaan, yaitu dengan membiasakan peserta didik melaksanakan sholat ashar berjamaah dan wiridan, membaca do’a dan mensyi’irkan kitab Ngudi Susilo, bersalaman dengan guru, menyapa guru ketika berpapasan, memakai sarung dan baju koko serta kopyah bagi laki-laki dan memakai rok atau gamis serta kerudung bagi perempuan. (b) metode nasehat, dilakukan di dalam pembelajaran dengan memberikan nasehat bahwa setiap anak wajib menyayangi orang tua, membantu orang tua ketika orang tua sedang repot, harus bersikap tawadhu’ kepada orang lain, serta tidak diperbolehkan memiliki sifat sombong. (c) metode suri tauladan, dengan mencontoh perilaku dan sikap dari Rasulullah SAW. (d) metode hukuman, yaitu dengan memberikan hukuman kepada peserta didik yang tidak hafal setoran tidak mentaati aturan, serta membuat kegaduhan di dalam kelas. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Kitab Ngudi Susilo
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak, Kitab Ngudi Susilo |
Subjects: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Lilis Parwati |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 03:11 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 03:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8413 |
Actions (login required)
View Item |