Siti, Fatimatuzzahro (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA'ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
SITI FATIMATUZZAHRO_IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA'ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah perlu menerapkan langkah-langkah yang strategis baik dengan perubahan kurikulum maupun sistem pembelajarannya. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah mengimplementasikan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran. Seperti yang dilakukan di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan pengambilan tempat di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah implementasi pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam., sedangkan subjek penelitiannya adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa siswi kelas VII D. Dan untuk menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa : Perencanaan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas telah diwujudkan dalam pembuatan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan media pendidikan. Implementasi pembelajaran konstruktivistik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 1 Sumpiuh sudah terlaksana meskipun masih ada hambatan-hambatan ketika proses pembelajaran berlangsung. Dimana didalamnya sudah ada 4 langkah pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik, yaitu tahap apersepsi, tahap eksplorasi, tahap diskusi dan penjelasan konsep. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru masih cenderung mengutamakan penilaian hasil pada ranah kognitif siswa melalui mengerjakan latihan soal di dalam LKS. Kata kunci : Implementasi Pendekatan Konstruktivistik, Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendekatan Konstruktivistik, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Siti Fatimatuzzahro |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 03:26 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 03:26 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |