METODE MENGHAFAL HADITS MENURUT BUKU METODE GERAKAN DALAM MENGHAFAL HADITS KARYA HANDAYANI DAN HULAIFAH

Maratus, Solikhah (2020) METODE MENGHAFAL HADITS MENURUT BUKU METODE GERAKAN DALAM MENGHAFAL HADITS KARYA HANDAYANI DAN HULAIFAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MARATUS SOLIKHAH_METODE MENGHAFAL HADITS MENURUT BUKU METODE GERAKAN DALAM MENGHAFAL HADITS KARYA HANDAYANI DAN HULAIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis buku metode gerakan dalam menghafal hadits karya Handayani dan Hulaifah. Yang didalamnya dikaji juga mengenai cara mengajarkan gerakan-gerakan dalam menghafal hadits. Karena dalam proses menghafal hadits pada anak usia dini diperlukan metode-metode pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan,agar materi yang di sampaikan dapat di serap anak sehingga hasilnya efektif. Tujuan pembelajaran hadist sendiri bagi anak adalah untuk memotivasi anak agar senantiasa dalam kebaikan, ketauladanan karena hadist memberikan contoh dari Nabi Muhammad sebagai uswatun khasanah, pembiasaan tingkah laku sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilakukan diperpustakaan dimana objek penelitian biasanya digali lewat beberapa informasi kepustakaan (buku,ensiklopedia, jurnal ilmiah, Koran, majalah dan dokumen). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh , peneliti lakukan dengan analisis isi (conten analysis). Objek dalam penelitian ini adalah Buku Metode Gerakan dalam Menghafal Hadits. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan terhadap buku metode gerakan dalam menghafal hadits, adalah buku tersebut merupakan buku pedoman menghafal Ḥadits yang di gunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar bagi pendidik dan anak didik dalam kegiatan menghafal Ḥadits. Buku tersebut memiliki fungsi sebagai bahan referensi atau rujukan bagi pendidik, alat bantu pendidik dalam melaksanakan kegiatan menghafal Ḥadits, dan salah satu penentu metode pengajaran yang akan digunakan pendidik. Dalam penggunaannya juga sangat mudah, pendidik cukup membaca dan memahami materi yang dituangkan dalam buku tersebut. Buku pedoman metode gerakan untuk menghafal Ḥadits tersebut juga dilengkapi dengan gambar-gambar setiap gerakan dan VCD gerakan Ḥadits apabila pendidik mengalami kesulitan memahami maksud gerakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Hadits, Metode Gerakan, Anak Usia Dini
Subjects: 2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Maratus Solikhah
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:34
Last Modified: 20 Oct 2020 04:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item