PENDIDIKAN AKHLAK DI ERA MILLENIAL BAGI SISWA SMK TELKOM PURWOKERTO DAN SMK TI BINA CITRA INFORMATIKA PURWOKERTO

Hanif, Tofiqurrohman (2020) PENDIDIKAN AKHLAK DI ERA MILLENIAL BAGI SISWA SMK TELKOM PURWOKERTO DAN SMK TI BINA CITRA INFORMATIKA PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HANIF TOFIQURROHMAN_PENDIDIKAN AKHLAK DI ERA MILLENIAL BAGI SISWA SMK TELKOM PURWOKERTO DAN SMK TI BINA CITRA INFORMATIKA PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perilaku siswa di era millenial saat ini tengah mengalami berbagai permasalahan yang disebabkan oleh pengaruh teknologi dan informasi yang semakin berkembang pesat. Selain memiliki dampak positif sebagai sarana belajar siswa, teknologi dan informasi juga memiliki dampak negatif. Diantara dampak negatif yang ditimbulkan adalah penggunaannya yang berlebihan sehingga menyebabkan berkurangnya penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan seperti kepedulian terhadap sesama hingga pengabaian terhadap pelestarian nilai-nilai edukasi dan moral. Perubahan tingkah laku tersebut sebenarnya telah terjadi sejak lama. Namun semenjak kemunculan Gadget/ Smartphone perubahan perilaku tersebut semakin menjadi dan banyak dialami oleh siswa usia remaja. Salah satu upaya yang dapat dilakukan lembaga pendidikan dalam menangani permasalah tersebut adalah dengan pembinaan akhlak peserta didik yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan dengan menyesuaikan kondisi siswa saat ini yang akrab dengan teknologi dan informasi serta memiliki karakter pandai bersosialisasi, kreatif, dan percaya diri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaitif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pendidikan akhlak di SMK Telkom Purwokerto dan SMK TI Bina Citra Informatika Purwokerto yang dilakukan sebagai upaya pembinaan akhlak/karakter siswa di era millenial. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Dari Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pelaksanaan Pendidikan akhlak di SMK Telkom Purwokerto dan SMK TI Bina Citra Informatika Purwokerto dilakukan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, penentuan pedoman, pemilihan materi, penentuan target, pengorganisasian, proses pelaksanaan, pemberian motivasi, serta pengawasan dan evaluasi. Program-program pendidikan akhlak di SMK Tekom Purwokerto dilaksanakan melalui kegiatan intrakulikuler, ekstrakulikuler dan pembiasaan. Pendekatan yang digunakan di SMK Telkom Purwokerto adalah Sosiologis, sedangkan di SMK TI Bina Citra Informatika adalah Psikologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha kedua SMK tersebut dalam melaksanakan pendidikan akhlak dapat berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik seteleh mengikuti program-program pendidikan akhlak yang diselenggarakan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Era Millenial, dan Siswa
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sdr HANIF TOFIQURROHMAN
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:51
Last Modified: 20 Oct 2020 03:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item