PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NOM EXAMPLE DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KEDUNHWULUH

Kharisma, Dwi Arum Sari (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NOM EXAMPLE DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KEDUNHWULUH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KHARISMA DWI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KEDUNGWULUH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan suatu prosedur pembelajaran dalam membantu siswa belajar, mengatur dan merencanakan bahan ajar, agar tercipta proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran.Diterapkannya strategi pembelajaran example non example agar memudahkan guru dalam menyampaikan materi melalui media gambar atau benda- benda kongkrit. Hal tersebut akan menumbuhkan semangat dan keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran example non example dalam proses pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Negeri 3 Kedungwuluh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SD Negeri 3 Kedungwuluh diperoleh dari guru kelas IVA, IVB, IVC dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analis strategi Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran example non example dalam proses pembelajaran tematik yang diterapkan menggunakan media gambar, tampilan power point dan juga benda- benda kongkrit berjalan secara maksimal. Hal ini terlihat dari keaktifan, semangat, dan dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Semua rangkaian kegiatan pembelajaran berjalan secara maksimal, efektif, siswa aktif, saling membantu sesama teman kelompok, dan dalam pembelajaran siswa telihat antusias.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Example Non Example, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Kharisma Dwi Arum Sari
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:33
Last Modified: 20 Oct 2020 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item