MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH KEPONGGOK WIRASANA PURBALINGGA

Gita, Pusparani (2020) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH KEPONGGOK WIRASANA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
gita pusparani_manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di ba aisyiyah keponggok wirasana purbalingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu factor utama menjadikan manusia sebagai insan yang berkualitas dan inovatif. Karena manusia dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan pembaharuan serta memiliki pengetahuan, daya cipta dan keterampilan hidup yang lebih baik. Dalam bidang pendidikan, peranan manajemen sangat penting dalam menentukan kualitas sebuah lembaga pendidikan terutama manajemen kurikulum. Manajemen kurikulum adalah kegiatan pengaturan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi agar program pendidikan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dari latar belakang diatas penulis merumuskan judul “Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Keponggok Wirasana Purbalingga” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di BA Aisyiyah Keponggok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, karena kegiatan di dasarkan pada data-data yang dikumpulkan dari lapangan secara langsung di BA Aisyiyah Keponggok Wirasana Purbalingga. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa BA Aisyiyah Keponggok telah melaksanakan manajemen kurikulum dengan cukup baik yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan kurikulum melalui beberapa tahap, yaitu perencanaan tahunan, semester, mingguan dan harian. Dalam merencanakan suatu kurikulum untuk anak, seorang guru harus memilih tujuan, memiliki pengalaman belajar, dan dapat mengembangkan isi kurikulum (materi). Pengorganisasian yang dilakukan yaitu dengan pengorganisasian kelas yang diatur sedemikian rupa, dibuat nyaman dan semenarik mungkin supaya anak tidak merasa bosan. Ruang belajar tidak harus selalu di kelas, kegiatan dapat dilakukan juga di halaman. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, setiap guru melaksanakannya berdasarkan perencanaan yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, proses belajar mengajar akan terlaksana dengan baik. Evaluasi kurikulum dengan cara guru mengacu pada kemampuan yang hendak dicapai dalam suatu kegiatan yang direncanakan dalam tahap waktu tertentu. Penilaian dilakukan guru pada saat kegiatan belajar berlangsung dengan cara mengamati anak, membuat catatan kecil dan pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Gita Pusparani
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:34
Last Modified: 19 Oct 2020 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8258

Actions (login required)

View Item View Item