POLA ASUH ANAK DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QURAN SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS

MUALIA YANUAR, NIM. 1123103006 (2016) POLA ASUH ANAK DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QURAN SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
MUALIA YANUAR_POLA ASUH ANAK DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QURAN SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pola asuh merupakan bagian dari proses pemeliharaan anak dengan menggunakan teknik dan metode yang menitikberatkan pada kasih sayang dan ketulusan cinta yang mendalam dari orang tua. Peran, kehadiran, sikap positif dan kasih sayang orang tua menjadi faktor utama yang harus ada. Akan tetapi pada kenyataannya banyak hal atau alasan yang menjadikan orang tua tidak bisa atau tidak mampu mengasuh anaknya sehinggga mengharuskan mereka menitipkan anaknya di pesantren. Pondok Pesantren menjadi salah satu alternatif bagi para orang tua yang merasa tidak mampu mengasuh anak dengan baik serta bagi orang tua yang mempunyai kesibukan pekerjaan berlebih. Pondok pesantren Roudhotul Quran menjadi salah satu pesantren yang mengasuh anak-anak usia sekolah dasar. Untuk menghasilkan anak yang berkarakter dan berakhlak mulia tentu ada metode dan teknik yang digunakan selama proses pengasuhan. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh anak di pondok pesantren Roudhotul Quran Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok dan asisten pengasuh di pondok pesantren Roudhotul Quran. Dasar penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan analisis deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi, penelitian ini dilakukan dengan memahami fenomena yang terjadi dimasyarakat yang berkaitan dengan perilaku maupun tindakan-tindakan yang terjadi di dalam masyarakat yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk ,emdeskripsikan dan menganalisis secara terperinci pola asuh anak di pondok pesantren Roudhotul Quran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola asuh yang dilaksanakan oleh pengasuh pesantren Roudhotul Quran secara garis besar adalah pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis atau autoritatif (Authoritatif Parenting) ialah pola asuh yang mendorong anak-anak untuk mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakan-tindakan mereka. Pola asuh yang dilaksanakan di pondok pesantren Roudhotul Quran tidak terlepas dari dasar pola pengasuhan secara Islam. Dalam Islam tujuan terpenting dari mendidik anak adalah keimanan dan akhlak yang mulia. Adapun metode yang digunakan antara lain: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode bercerita, dan metode hukuman. Hasil dari pola asuh tersebut adalah terbentuknya pribadi dan karakter anak yang soleh-solehah, mempunyai pengetahuan agama yang baik, mampu melaksanakan ibadah dengan taat, mandiri, aktif, percaya diri, bertanggung jawab, mempunyai jiwa sosial yang baik dan mampu berinteraksi serta berkomunikasi yang baik dengan lingkungan. Kata Kunci : Pola Asuh dan Pondok Pesantren Roudhotul Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:45
Last Modified: 18 Aug 2016 07:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item