Restu, Nugroho (2020) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. PEGADAIAN CABANG BUMIAYU. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
RESTU NUGROHO_PENGARUH RELATION MARKETING TERHADAP LOYALITAS.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Relationship marketing adalah salah satu konsep penting dalam bidang pemasaran. Dengan konsep ini, perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan nasabah dan menjaga nasabah agar tidak berpaling ke perusahaan lain sehingga tercipta loyalitas nasabah. Perusahaan harus sadar bahwa nasabah yang loyal adalah aset berharga perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji seberapa besar pengaruh relationship marketing yang terdiri dari customer service programs, loyalty programs dan community building terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Bumiayu baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan fokus permasalahan yang akan dikaji peneliti, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat variabel independen, yaitu relationship marketing dan variabel dependen, yaitu loyalitas nasabah. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan metode incidental sampel dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian, analisis data yang digunakan, yaitu korelasi rank spearman, koefisien konkordansi kendall w, dan analisis regresi ordinal dengan menggunakan IBM SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari analisis regresi ordinal secara parsial terdapat pengaruh antara customer service programs, loyalty programs dan community building terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Bumiayu. Kemudian, dari hasil analisis regresi ordinal secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara relationship marketing yang terdiri dari customer service programs, loyalty programs dan community building terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Bumiayu. Variasi tingkat loyalitas nasabah yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel relationship marketing yang terdiri dari customer service programs, loyalty programs dan community building pada tabel Pseudo R-Square simultan sebesar 29,9%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relationship Marketing, Customer Service Programs, Loyalty Programs, Community Building dan Loyalitas Nasabah |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sdr Restu Nugroho |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 10:12 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 10:12 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8230 |
Actions (login required)
View Item |