PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO

Jiyah, Wardiantini (2020) PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Jiyah Wardiantini_PAI_1617402017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO JIYAH WARDIANTINI NIM: 1617402017 ABSTRAK Penelitian ini bertolak belakang dari adanya banyak kegiatan keagamaan yang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di sekolah, ternyata masih ada siswa yang memiliki prestasi rendah. Adapun pokok bahasan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas X jurusan AKL(Akuntansi Keuangan Lembaga) di SMK Negeri 1 Purwokerto, Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas X jurusan AKL di SMK Negeri 1 Purwokerto, dan Bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X jurusan AKL di SMK Negeri 1 Purwokerto. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas X jurusan AKL, tingkat prestasi belajar PAI siswa kelasX jurusan AKL dan mengetahui adanya pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X jurusan AKL di SMK Negeri 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel bebasnya adalah kecerdasan spiritual dan variabel terikat adalah prestasi belajar PAI. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa AKL kelas X SMK Negeri 1 Purwokerto. Banyak sampel yang digunakan adalah 36 responden. Analisis data yang penulis gunakan ada beberapa tahap yaitu skoring, tabulasi, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kecerdasan spiritual siswa mencapai lebih dari 49, dalam kategori baik dan rata-rata prestasi belajar PAI mencapai lebih dari 78, dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana dengan nilai F hitung 4,431. Pada taraf kesalahan 5% untuk responden berjumlah N=36 siswa. F hitung 4,431 dan F tabel 4,12 itu berarti F hitung > F tabel. Dengan demikian pada taraf signifikansi 5% hasilnya adalah signifikan, yang berarti ada pengaruh positif antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah hendaknya lebih memperhatikan kecerdasan spiritual siswa guna meningkatkan prestasi belajar. Karena kecerdasan spiritual akan memberikan makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah menuju manusia yang hanif dan memiliki pola pemikiran integralistik serta berprinsip hanya kepada Allah Swt. Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Prestasi Belajar PAI
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Jiyah Wardiantini
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:20
Last Modified: 05 Oct 2020 04:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8139

Actions (login required)

View Item View Item