STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ABDULLAH SAUQUS SYAHID, NIM. 102331056 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SEPTIA NI’MATUL MAHMUDAH_MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Di dalam lingkungan sekolah, ternyata kita banyak menjumpai berbagai macam karakter peserta didik. Disini seorang pendidik dituntut untuk jeli dalam menghadapi perbedaan setiap peserta didiknya. Demikian halnya dalam kegiatan pembelajaran, ternyata tidak semua siswa mampu menerima materi yang diajarkan oleh guru dengan baik. Sehingga pendidik dituntut harus berusaha bagaimana cara agar peserta didiknya mampu untuk menerima materi yang diajarkan dengan baik. Dari sinilah kemudian penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Strategi Pembelajaran Aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dalam kegiatan penelitian yang menjadi sumber informasi adalah: Kepala Madrasah dan Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak.Metode Pengumpulan Data yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain: Metode Observasi, Metode Wawancara dan Metode Dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Macam-macam Strategi Pembelajaran Aktif yang digunakan dikelas antara lain: Inquiring Minds Want to Know, Reading Aloud, Modeling The Way, Jigsaw Learning, Active Knowledge Sharing, Assessment Search. 2) Prinsip-prinsip yang digunakan yaitu: Berorientasi pada tujuan, Aktivitas, Individualitas, Integritas. 3) Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan strategi antara lain: Pertimbangan yang berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai, pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran, pertimbangan dari sudut siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 18 Aug 2016 03:06
Last Modified: 18 Aug 2016 03:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item