MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SEPTIA NI’MATUL MAHMUDAH, NIM. 102335018 (2014) MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SEPTIA NI’MATUL MAHMUDAH_MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Media merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar. Selain itu kedudukan media pembelajaran ini tidak hanya sekedar alat bantu mengajar, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan berkomunikasi dengan siswa agar lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis media pembelajaran IPA kelas IVA MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 beserta penggunaannya dalam proses belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena penelitian ini hanya menggambarkan keadaan jenis dan penggunaan media pembelajaran IPA di Kelas IV A MI Darul Hikmah Bantarsoka dengan apa adanya dan data yang difokuskan adalah data non angka. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPA kelas IV A yaitu Tri Wilujeng, S. Pd. I dan siswa kelas IV A MI Darul Hikmah Bantarsoka. Sedangkat objek penelitian ini adalah Media Pembelajaran IPA. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara atau interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang peneliti gunakan meliputi 3 tahapan yaitu tahap reduksi data/data reduction, tahap penyajian data/ data display. Dan tahap penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian, diketahui baahwa jenis-jenis media pembelajaran IPA kelas IV A MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat adalah : 1) media cetak yang berupa Buku Cetak sebagai pegangan untuk guru dan Buku Ajar Mandiri/ LKS. 2) media visual berupa white board 3) media berupa benda konkrit yaitu baskom plastik, air, palu, selang air, corong, gitar dari kardus dan KIT IPA berupa telinga tiruan. Penggunaan media-media tersebut yaitu 1) media cetak digunakan sebagai sumber materi dan juga sebagai sarana untuk siswa mengerjakan soal-soal yang ada 2) media visual digunakan untuk menuliskan rangkuman materi yang belum ada dalam buku pegangan siswa 3) media berupa benda konkrit digunakan guru sebagai untuk menyampaikan pesan tentang materi yang sedang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:11
Last Modified: 18 Aug 2016 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item