STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURĀBAḤAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PT. BPRS SURIYAH CILACAP, JAWA TENGAH

Amalia, Hikmawati (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURĀBAḤAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PT. BPRS SURIYAH CILACAP, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AMALIA HIKMAWATI_STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PT. BPRS SURIYAH CILACAP, JAWA TENGAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin banyaknya lembaga perbankan di Indonesia, maka persaingan yang terjadi pun akan semakin sulit. Maka setiap bank memerlukan strategi yang tepat agar bisa bertahan di pasar perbankan. Strategi pemasaran dipandang sebagai rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Program pemasaran meliputi tindakan-tindakan pemasaran yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap produk, diantaranya dalam hal mengubah harga, memodifikasi kampanye iklan, merancang promosi khusus, menentukan pilihan saluran distribusi, dan sebagainya. Produk pembiayaan murābaḥah tidak selalu akan meningkatkan pendapatan operasional bank, melainkan tergantung dari strategi bank dalam menciptakan keunggulan untuk memperoleh pendapatan operasional. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui strategi pemasaran agar bisa meningkatkan pendapatan bank. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dimana BPRS Suriyah menggunakan strategi yaitu dengan strategi pemasaran melalui open table, door to door, grebek pasar, mulut ke mulut, media sosial. Serta untuk memudahkan BPRS Suriyah Cilacap dalam mencapai target maka dilakukan perumusan dengan menggunakan menerapkan segmentasi, targeting, positioning. Dan juga menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari: strategi produk, strategi harga, strategi tempat, strategi promosi. Yang menjadi satu kesatuan agar bisa meningkatkan pendapatan setiap periodenya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murābaḥah, Pendapatan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Amalia Hikmawati
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:51
Last Modified: 15 Sep 2020 03:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8053

Actions (login required)

View Item View Item