ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DI SD NU MASTER SOKARAJA BANYUMAS

INDAH, SARASTITI (2020) ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DI SD NU MASTER SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indah Sarastiti_Analisis Budaya Sekolah di SD NU Master Sokaraja Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Dewasa ini, pendidikan dihadapkan dengan empat krisis pokok, yakni berkaitan dengan kuantitas, relevansi atau efisiensi eksternal, elitisme dan manajemen. Lebih mendalam daripada itu terdapat setidaknya enam masalah pokok sistem pendidikan nasional, antara lain: a) menurunnya akhlak dan moral peserta didik, b) pemerataan kesempatan belajar, c) masih rendahnya efisiensi internal sistem pendidikan, d) status kelembagaan, e) manajemen pendidikan yang tidak sejalan dengan pembangunan nasional, f) sumber daya yang belum profesional. Penelitian ini berfokus pada permasalahan pertama. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dapat menggunakan budaya sekolah karena dapat menanamkan nilai-nilai karakter, akhlak dan moral peserta didik. Penulis akan menganalisis budaya sekolah untuk memudahkan pendidik dalam memahami sehingga mensupport pendidik untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan budaya sekolah yang terdapat di SD NU Master Sokaraja Banyumas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa budaya sekolah yang dikembangkan di SD NU Master adalah a) Morning routine b) Kurikulum kemasteran c) Kurikulum kedinasan. d) Afternoon routine e) Rutinitas pulang. Selain itu terdapat budaya sekolah yang mengikuti nilai-nilai karakter yang terdiri dari: a) Keteladanan, dimana pendidik merupakan rule mode bagi peserta didik. b) Rutinitas, yakni kegiatan yang dilakukan setiap hari. c) Spontanitas, merupakan tindakan tanpa berfikir terlebih dahulu. d) Pengelolaan kelas, yakni upaya pendidik dalam mengkondisikan kelas. e) Tata tertib sekolah yang melatih tanggung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Karakter
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Indah Sarastiti
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:32
Last Modified: 01 Sep 2020 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7996

Actions (login required)

View Item View Item