MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU DI MI MA’ARIF NU 01 PANGEBATAN KECAMATAN KARENGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS SANTI RAHAYU

Santi Rahayu, 082333069 (2012) MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU DI MI MA’ARIF NU 01 PANGEBATAN KECAMATAN KARENGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS SANTI RAHAYU. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
SANTI RAHAYU_Manajemen Profesionalisme Guru di MI Ma'arif NU 01 Pangebatan Kec Karanglewas Kab Banyumas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)

Abstract

Pendidikan memerlukan perencanaan, perencanaan salah satu aspek dalam manajemen dan perencanaan manajemen pendidikan nasional menentukan keberhasilan pencapaian tujuan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya. Maka dari itu, dibutuhkan peran pendidik yang profesional. Guru sebagai tenaga profesional yang merupakan faktor penentu mutu pendidikan harus memiliki ketrampilan manajemen di sekolah dan harus berperan sebagai pengembang budaya belajar siswa. Oleh karena itu, para guru wajib mengembangkan kemampuan profesionalnya agar dapat meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas, karena pendidikan dimasa yang akan datang menuntut penampilan profesi pendidikan yang bermutu. Begitu juga manajemen, perlu dikelola sedemikian rupa agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal, efektif dan efisien. Untuk itulah penelitian dilakukan dengan fokus masalah: Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Profesionalisme Guru di MI Ma’arif NU 01 Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas? Penelitian disini bertujuan untuk mengetahui upaya apa sajakah yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, melalui suatu optimalisasi profesionalisme guru yang secara langsung dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif maka penulis melakukan pengamatan berupa observasi serta interview atau wawancara dengan responden atau kepada pihak-pihak terkait dengan judul penelitian. Selanjutnya penulis menggunakan dokumentasi berupa pengambilan arsip-arsip sekolah yang untuk ditindak lanjuti menjadi sebagai hasil penelitian dilapangan. Hasil didalam melakukan penalitian, penulis menemukan berbagai kesimpulan yaitu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru oleh lembaga pendidikan ini meliputi: mengikutsertakan guru penataran/ workshop, adanya supervise, KKG, MGMP, melaksanakan tugas dan fungsi profesi guru serta penyetaraan pendidikan bagi guru. Secara keseluruhan dari kegiatan tersebut diatas telah dilaksanakan dan berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun. Upaya peningkatan profesionalisme guru jangan sampai dilakukan dengan asal, semua tindakan itu harus berdasarkan pada kebutuhan yang jelas. Demikian pula tujuan, sasaran dan target juga harus dinyatakan dalam wujud data yang jelas, sehingga nantinya dapat dievaluasi ketercapaiannya secara cermat. Kata Kunci: Manajemen Profesionalisme Guru. `

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:23
Last Modified: 16 Aug 2016 04:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item