PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI DARWATA KARANGASEM SAMPANG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Iis Jariyah, 082331065 (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI DARWATA KARANGASEM SAMPANG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
IIS JARIYAH_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MAPEL SKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

Berbagai teori yang bermunculan terkait dengan strategi-strategi untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar, agar proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien, menyenangkan dan mengena pada tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diantara teori-teori strategi tersebut antara lain Reading guide (PenduanMembaca), Index Card Match (MencariPasangan), Card Sort (SortirKartu), Question Student Have (Pertanyaan Dari Siswa), Crossword Puzzle (Teka-tekiSilang),dan Group Resume (Resume Kelompok). Namun, bagaimana dengan teori-teori tersebut jika diterapkan pada kondisi nyata dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap tahun pelajaran 2012/2013, sebagai obyek penelitiannya yaitu pada kelas III dan kelas IV. Dalam hal ini, untuk menyajikan data dan analisis data dilakukan secara deskriptif, yaitu menggambarkan jalannya proses penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Darwata Karangasem Sampang pada kelas III dan Kelas IV. Dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan untuk pengambilan data yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis tersebut akan menggambarkan bagaimana proses strategi pembelajaran aktif yang diterapkan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap pada kelas III dan kelas IV. Berdasarkan penelitian penulis selama melakukan penelitian, bahwasanya penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diterapkan di kelas III dan kelas IV MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap sudah dikatakan berhasil dan berjalan dengan baik. Karena telah memenuhi kriteria pembelajaran aktif yang baik yaitu menerapkan dan melaksanakan pembelajaran dari mulai tahapan persiapan, penerapan proses belajar mengajar dan teknik evaluasi. Meskipun dalam prakteknya tidaklah sama persis dan berurutan dalam melaksanakan langkah-langkah pembelajarannya asalkan tidak menyimpang jauh dari aturan yang sudah tertuang dalam pedoman pengajaran dalam menggunakan strategi pembelajaran aktif yang digunakan. Karena hal itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Dan MI Darwata Karangasem Sampang Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:12
Last Modified: 15 Aug 2016 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item