PENJAMINAN MUTU PADA PROGRAM LITERASI DI PAUD ABACA BUMIAYU BREBES

Asri Alifatul, Izzah (2020) PENJAMINAN MUTU PADA PROGRAM LITERASI DI PAUD ABACA BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Asri Alifatul Izzah_Penjaminan Mutu Pada Program Literasi di PAUD ABACA Bumiayu Brebes.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak rendahnya kualitas suatu bangsa terutama di Indonesia yaitu memiliki tingkat literasi yang masih rendah, sehingga dampak negatif yang ditimbulkan dari tingkat rendahnya literasi adalah maraknya berita hoax dikalangan masyarakat. Dengan demikian, dalam praktik dan pengenalan literasi dapat dilakukan dari sedini mungkin. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dalam penjaminan mutu pada program literasi di PAUD. Untuk menghasilkan produk yang baik, kegiatan penjaminan mutu pada program literasi tentunya melalui perumusan yang telah terukur dan spesifik berdasarkan standar dan norma yang berlaku. Dalam penjaminan mutu pada program literasi tentunya melakukan kegiatan evaluasi secara terus menerus dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan penjaminan mutu pada program literasi dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan suatu dokumen secara tertulis dan lisan yang bersumber dari pelaku yang menjadi subjek dalam penelitian. Teknik untuk menganalisis data yaitu melalui tiga langkah, diantaranya reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjaminan mutu pada program literasi di PAUD yang pertama dapat dimulai dari penetapan standar kemampuan literasi dilakukan dengan melalui kebijakan berdasarkan kurikulum 2013. Kedua, pencapaian standar kemampuan literasi untuk mencapai hasil yang bagus maka dapat menjalin kerjasama dengan kepala sekolah, guru, dan orangtua yang meliputi pihak sekolah memberikan catatan tentang perkembangan anak setiap hari, menjalin komunikasi dengan baik, dan pihak sekolah memberikan tugas atau PR. Ketiga, evaluasi pencapaian standar kemampuan literasi yaitu evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan metode microteaching untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan guru dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penjaminan Mutu, Program Literasi, PAUD ABACA Bumiayu Brebes.
Subjects: 400 Language > 406 Organizations and management
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Asri Alifatul Izzah
Date Deposited: 19 Aug 2020 01:53
Last Modified: 19 Aug 2020 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item View Item