PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SEMESTER IMI MA’ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lili Suryani, Nim.1123310030 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SEMESTER IMI MA’ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LILI SURYANI_1123310030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pengetahuan yang diajarkan di SD/MI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Pada kenyataan dilapangan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas III MI Maarif NU Sawangan Wetan Kecmatan Patikraja pada materi Sifat Benda dan Perubahannya masih tergolong rendah, hal ini ditunjukan pada nilai-nilai hasil observasi awal peneliti yang masih belum mencapai KKM yaitu 70, sedangkan ketuntasan belajar baru mencapai 27% karena selama ini guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga siswa kurang mampu memahami materi yang diajarkan. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi melalui penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat Benda dan Perubahannya. Sehingga permasalahan pada penelitian ini adalah “Apakah dengan melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada materi Sifat Benda dan Perubahannya di kelas III MI Maarif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif, dengan teknis analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode dan instrumen penggalian data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa setelah dilakukan PTK, hasil belajar mata pelajaran IPA Materi pokok Sifat Benda dan Perubahannya menggunakan metode Demonstrasi dikelas III semester I mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi pada kondisi awal sebelum diadakan PTK nilai yang tuntas dalah 30%, sedangkan setelah pelaksanaan tindakan siklus I nilai yang tuntas naik menjadi 75% pada tindakan siklus II nilai yang tuntas mencapai 91%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat Benda dan Perubahannya, Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 01 Jun 2016 05:01
Last Modified: 01 Jun 2016 05:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item