PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI FILMADRASATI MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI KELAS VA MI PP EL-BAYAN PADANGSARI MAJENANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SUYONO, NIM. 092336088 (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI FILMADRASATI MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI KELAS VA MI PP EL-BAYAN PADANGSARI MAJENANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SUYONO_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI FILMADRASATI MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI KELAS VA MI PP EL-BAYAN PADANGSARI MAJENANG TAHUN PELAJARAN 2011-2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Filmadrasati Menggunakan Strategi Index Card Match di Kelas VA MI PP El-Bayan padangsari Majenang Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VA dalam mengartikan mufradat dengan menggunakan Strategi Index Card Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus menempuh 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi hasil tindakan. Metode yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis datanya secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitan dari hasil nilai data awal, post test siklus I, dan post test siklus II mengalami peningkatan. Pada pre test siswa yang tuntas belajar hanya 12 siswa dengan nilai rata-rata 56,78 atau ketuntasan belajar mencapai 42,85 %, hasil post test siklus I siswa yang tuntas belajar 23 siswa dengan nilai rata-rata 80,71 atau ketuntasan belajar mencapai 82,14% dan pada post test siklus II siswa yang tuntas belajar mencapai 27 siswa dengan nilai rata-rata 93,39 atau ketuntasan belajar mencapai 96,42%. Selain itu juga adanya perubahan perilaku belajar yang positif dari perilaku belajar negatif sebelumnya pada siklus I dan siklus II. Perilaku negatif yang dilakukan siswa pada siklus I adalah ada 6 siswa yang belum dapat memainkan Index Card Match dengan baik, 9 siswa yang masih malu bertanya tentang materi yang belum dipahami, dan kurang berantusias saat sedang proses klarifikasi. Perubahan perilaku negatif menjadi positif yang dilakukan siswa pada siklus II adalah siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa memperhatikan dan lebih berantusias dalam pelaksanaan Index Card Match. Perubahan perilaku negatif yang dilakukan guru pada siklus I adalah kurang memotivasi siswa untuk fokus dan memperhatikan materi pembelajaran serta strategi Index Card Match yang sedang dilaksanakan. Perubahan perilaku negatif menjadi positif yang dilakukan guru adalah guru lebih memotivasi siswa untuk lebih memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dan memperhatikan strategi Index Card Match yang sedang berlangsung, selain itu guru lebih intensif dalam menyampaikan materi pembelajaran yang belum dipahami oleh siswa. Kata Kunci: Peningkatan Prestasi Belajar Siswa, Menggunakan Strategi Index Card Match, dan Mata Pelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:53
Last Modified: 15 Aug 2016 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item