PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH BERBASIS PESANTREN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Farid, Hidayatullah (2016) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH BERBASIS PESANTREN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
FARID HIDAYATULLOH_PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I PA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya strategi dalam pembelajaran bahasa Arab. Panti Asuhan Muhammadiyah Berbasis Pesantren Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas adalah salah satu panti asuhan yang menanamkan nilai-nilai pendidikan islam layaknya di pesantren. Semua kegiatan selama 24 jam mengadopsi sepenuhnya kegiatan yang ada di pesantren Gontor. Keunikan lain dari panti asuhan ini adalah dalam proses pembelajarannya menggunakan sistem kerjasama atau kerja kelompok untuk beberapa mata pelajaran dan materi yang diajarkan di panti asuhan tersebut, yang lebih dikenal dengan nama pembelajaran kelompok (cooperative learning).CooperativeLearning adalah bentuk pengajaran yang membagi siswa dalam beberapa kelompok yang bekerjasama antara satu siswa dengan lainnya untuk memecahkan masalah. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan strategi cooperativelearning dalam pembelajaran bahasa Arab di Panti Asuhan Muhammadiyah Berbasis Pesantren Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah proses penerapan strategi cooperativelearning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas A dan B sedangkan subjek penelitiannya adalah para ustadz pengajar, pengasuh dan santri kelas A dan B. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penganalisaan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan pembelajaran bahasa Arab di Panti Asuhan Muhammadiyah Berbasis Pesantren Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas menggunakan strategi cooperativelearning dengan menggunakan model Makeamatch dan SnowballThrowing. Strategi ini diterapkan dengan menyesuaikan keadaan santri yang masih sulit memahami pelajaran khususnya pelajaran bahasa Arab dengan harapan adanya strategi iniagar menarik perhatian santri dan memotivasi santri untuk belajar bahasa Arab agar mereka tidak jenuh dan bosan sehinga semua materi pelajaran dapat tersampaikan dengan benar dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Begitu juga dengan menyesuaikan materi yang akan di ajarkan, jika materi tersebut cocok atau pas untuk diterapkannya strategi ini maka ustadzmenerapkannya jika tidak pas maka ustadz menggunakan metode atau strategi yang lain agar mudah dipahami oleh murid. Respon santri terhadap penerapan strategi cooperativelearning cukup antusias. Santri mampu mengikuti proses pembelajaran dan dapat memahami materi pelajaran dan dapat memahami pembelajaran dengan penerapan strategi cooperative learning dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab dan Strategi Cooperative Learning
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:17
Last Modified: 15 Aug 2016 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item