PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI METODE DRILL DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH BOKOL KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

SITI FATIMAH, NIM. 092336189 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI METODE DRILL DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH BOKOL KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SITI FATIMAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI METODE DRILL DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH BOKOL KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan didasarkan pada permasalahan rendahnya hasil belajar matematika Materi Bilangan Pecahan. Rendahnya hasil belajar diduga disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran dan penggunaan metode yang digunakan guru. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan pemilihan metode pembelajaran yaitu mengoptimalkan pembelajaran menggunakan metode drill. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar metode pelajaran matematika pada materi bilangan pecahan di kelas V MI Muhammadiyah Bokol Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga?” Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui penggunaan metode drill sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan pecahan di kelas V MI Muhammadiyah Bokol Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatannya mencakup (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan metode drill pada mata pelajaran matematika terjadi perubahan hasil belajar. Terbukti pada studi awal yang tuntas belajar 3 siswa (27,27%), siklus kesatu 5 siswa (45,45%), siklus kedua 10 siswa (90,90%). Kata Kunci : Metode Drill, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 15 Aug 2016 02:37
Last Modified: 15 Aug 2016 02:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item