KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS I D DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Rochmatun, Mahiroh (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS I D DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROCHMATUN MAHIROH_KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS I D DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN UMMAT PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di dalam pendidikan prestasi belajar siswa sangatlah penting, karena dengan prestasi yang baik akan meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya di SD Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga merupakan sekolah yang belum lama berdiri tapi memiliki prestasi yang baik dari segi pelajaran keislaman, salah satunya dalam pelajaran bahasa Arab. Dalam pembelajaran bahasa Arab guru telah menerapkan kreativitas dalam mengajar seperti menerapkan variasi metode, media dan dapat mengelola kelas dengan membuat suasana menjadi menyenangkan. Kreativitas guru sangatlah penting dalam pembelajaran karena termasuk bagian pokok dari faktor ekstrenal yang mempengaruhi prestasi belajar, karena guru yang selalu berinteraksi langsung dengan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas I (satu) D di SD Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan sebagai landasan dalam menyempurnakan proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Lokasi penelitian ini adalah SD Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga. Subjek penelitian ini berjumlah 2 orang yaitu guru bahasa Arab kelas I (satu) dan kepala sekolah di SD Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas I (satu) D di SD Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga sudah bagus dibuktikan dengan adanya penerapan model-model dalam pembelajaran, penggunaan metode dan media yang bervariasi, dapat mengelola kelas dengan baik, dan mengadakan evaluasi harian dengan cara yang menyenangkan (2) Prestasi belajar bahasa Arab pada pada siswa kelas I (satu) D di SD Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga sudah bagus dengan adanya peningkatan dalam ulangan harian dengan PTS. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Prestasi belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Rochmatun Mahiroh
Date Deposited: 13 Aug 2020 02:20
Last Modified: 13 Aug 2020 02:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7691

Actions (login required)

View Item View Item