MODEL EVALUASI KOMPREHENSIF SANTRI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL-HIDAYAH (MDSA) DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO

Erliana, Nurjanah (2020) MODEL EVALUASI KOMPREHENSIF SANTRI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL-HIDAYAH (MDSA) DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ERLIANA NURJANAH_MODEL EVALUASI KOMPREHENSIF SANTRI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL-HIDAYAH (MDSA) DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Evaluasi dalam pembelajaran merupakan suatu subsistem yang harus dilalui oleh guru, tanpa evaluasi pembelajaran belum dikatakan sempurna. Karena dari evaluasi guru mampu mengetahui tingkat efektifitas pembelajaran yang telah dilalui peserta didik. Evaluasi pembelajaran merupakan suatu usaha untuk memperbaiki proses belajar mengajar, informasi-informasi yang diperoleh dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran digunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud tidak hanya pembelajaran dalam lembaga formal yaitu sebuah institusi pendidikan seperti sekolahan, tetapi juga lembaga formal dan non formal seperti pendidikan pesantren. Guna untuk mengetahui seberapa besar kemampuan yang telah dicapai oleh santri, maka selain dilaksanakan evaluasi dalam bentuk tes tertulis di Pondok Pesantren Al-Hidayah Purwokerto dilaksanakan ujian komprehensif untuk calon lulusan pesantren sebagai salah satu persayratan kelulusan. Evaluasi ini dapat diterapkan dalam sistem pembelajaran pesantren, karena pentingnya ilmu yang diajarkan dalam pesantren dan seberapa besar kualitas yang telah dicapai baik output perseorangan maupun secara keseluruhan sebagai program pendidikan. Selain itu evaluasi juga digunakan untuk melihat sejauh mana persiapan santri untuk terjun ke lingkungan masyarakat dengan pendidikan yang elah diselesaikannya di pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, yang disajikan dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan model interaktif Miles Huberman dengan empat tahap kegiatan yaitu: tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pearikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan evaluasi komprehensif santri Madrasah Diniyah Salafiyah Al-Hidayh (MDSA) sudah terlaksana dengan baik dengan melaksanakan prosedur evaluasi yakni perencanaan, (meliputi: perumusan tujuan, penentuan aspek atau materi, metode, alat evaluasi, kriteria evaluasi, frekuensi dan penentuan dewan penguji), tahapan pelaksanaan evaluasi, pengolahan nilai, pemberian interpretasi dan penggunaan dan pelaporan hasil evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Komprehensif, Santri, Madrasah Diniyah Salafiyah Al-Hidayah (MDSA)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Erliana Nurjanah
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:25
Last Modified: 12 Aug 2020 02:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7679

Actions (login required)

View Item View Item