Vista Dini, Astika (2020) Studi Etnografi Virtual Aktivitas #memedakwah di Media Sosial Instagram. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Vista Dini Astika_Studi Etnografi Virtual Aktivitas #memedakwah di Media Sosial Instagram.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (664kB) | Preview |
Abstract
Fenomena yang sedang trend di masyarakat salah satunya adalah meme. Meme diartikan sebagai cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur. Seringkali meme diunggah melalui media sosial seperti twitter, facebook, dan instagram. Kini dai bisa menggunakan meme sebagai alternatif bentuk penyampaian dakwah. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui motif pengguna instagram dalam menyertakan #memedakwah dalam postingannya. 2) Untuk mengetahui cara memproduksi postingan yang menggunakan #memedakwah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Etnografi Virtual, Analisis Media Siber pada level Pengalaman Media, teori motif Papachirissi & Rubin dan teori presentasi diri Erving Goffman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model alur Miles dan Hubermen yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil informasi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa budaya siber saat ini sangat kental di masayarakat dan telah terjadi integrasi komunikasi berbasis meme dakwah dengan berbagai motif. Motif dari pengguna instagram menyertakan #memedakwah dalam postingannya antara lain motif interpersonal utility, information seeking, convenience utility, dan entertainment. Selain itu, #memedakwah juga digunakan untuk mempresentasikan diri penggunanya dalam membentuk identitas virtual menggunakan tiga strategi yaitu, ingratiation, competence, dan exemplification. Cara memproduksi unggahan yang menyertakan #memedakwah melalui tiga tahap, yaitu tahap pencarian informasi (isi konten), tahap editing/layouting, dan tahap mengunggah ke media sosial. Selain itu, beberapa pengguna juga mengunggah ulang unggahan milik pengguna lain (repost).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etnografi virtual, instagram, #memedakwah, motif |
Subjects: | 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Sdri Vista Dini Astika |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 01:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 01:27 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7608 |
Actions (login required)
View Item |