PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YOS SUDARSO MAJENANG KABUPATEN CIACAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Fuad Hasyim, 082331061 (2012) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YOS SUDARSO MAJENANG KABUPATEN CIACAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
FUAD HASYIM_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YOS SUDARSO MAJENANG KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pelaksanaannya menuntut pada terwujudnya keterjalinan kerjasama antar penanggung jawab pendidikan, baik penentu kebijakan pendidikan maupun pelaksana teknis di lapangan, untuk menyukseskan tujuan pokoknya. Maka untuk terciptanya fungsi dan tujuan dari Pendidikan Agama Islam terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan proses sistem pembelajaran, diantaranya adalah faktor guru, faktor siswa, faktor sarana, alat dan media yang tersedia serta faktor lingkungan. Dalam realita pelaksanaannya di lapangan, kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih banyak terdapat beberapa permasalahan terkait pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam tersebut, dikarenakan belum efektifnya faktor-faktor tersebut di atas. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Yos Sudarso Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2012-2013?” Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Yos Sudarso Majenang, mengetahui problematika guru dan faktor pendukung serta penghambat di SMK Yos Sudarso Majenang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, subjek penelitiannya adalah guru PAI SMK Yos Sudarso Majenang, Siswa SMK Yos SUdarso Majenang, dan Kepala Sekolah SMK Yos Sudarso Majnang. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Yos Sudarso Majenang dimulai dengan membuat perencanaan. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Yos Sudarso Majenang diawali dengan salam dan basmalah, absensi selanjutnya pre-test dan appersepsi. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Adapun metode yang dilakukan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, penugasan, keteladanan, dan pembiasaan diri. Media pembelajaran berupa laptop, LCD, Al-Qur’an, kain kafan, boneka dan lain-lain. Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan tes tertulis, lisan dan praktek. Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Faktor-faktor pembelajaran, Perencanaan, dan evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 12 Aug 2016 04:48
Last Modified: 12 Aug 2016 04:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item