Wijuli, Muhasanah (2020) EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM BIMBINGAN BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK YANG KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MTs MA'ARIF MANDIRAJA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Wijuli Muhasanah_Efektivitas Metode Sorogan dalam Bimbingan Belajar bagi Peserta Didik yang Kesulitan Membaca Al-Qur'an di MTs Ma'arif Mandiraja.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
MTs Ma’arif Mandiraja merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang memprioritaskan kemampuan dalam membaca al-Qur’an. Untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca al-Qur’an, MTs ma’arif Mandiraja memiliki mata pelajaran BCTA (Baca Tulis Al-Qur’an) yang terjadwal di semua kelas, selain itu ada kegiatan khusus bimbingan belajar membaca al-Qur’an bagi peserta didik yang kesulitan dalam membaca al-Qur’an menggunakan metode sorogan. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti tentang “Efektivitas Metode Sorogan dalam Bimbingan Belajar bagi Peserta Didik yang Kesulitan Membaca Al-Qur’an di MTs Ma’arif Mandiraja”. Untuk mencapai hasil yang maksimal perlu adanya penggunaan metode yang tepat dan efektif, karena metode merupakan salah satu unsur pendukung dalam proses pembelajaran. Apabila metode yang digunakan sesuai dengan materi, maka hasilnya pun akan baik. Penggunaan metode dalam pembelajaran dapat mendukung proses pendidikan, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif. Metode sorogan dianggap sebagai metode yang efektif dalam mengatasi masalah bagi peserta didik yang kesulitan dalam membaca al-Qur’an di MTs Ma’arif Mandiraja, hal tersebut dikarenakan adanya interaksi langsung antara guru pengampu bimbingan belajar membaca al-Qur’an dan peserta didik, penggunaan metode sorogan dalam kegiatan tersebut bertujuan agar peserta didik tidak ketinggalan dalam pemahaman materi di mata pelajaran keagamaan, dan mempertahankan lulusan yang unggul dari MTs Ma’arif Mandiraja itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitataif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam pembahasan skripsi ini dapat diketahui bahwa metode sorogan merupakan metode yang sangat berperan penting dalam keberhasilan bimbingan belajar membaca al-Qur’an untuk mengatasi masalah peserta didik yang kesulitan dalam membaca al-Qur’an. Penulis dapat menyimpulkan bahwasanya “metode sorogan efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca al-Qur’an di MTs Ma’arif mandiraja”. Kata Kunci: Metode Sorogan dan Bimbingan Belajar Membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sorogan dan Bimbingan Belajar Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wijuli Muhasanah Muhasanah |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 00:45 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 00:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7557 |
Actions (login required)
View Item |