STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

AFIK AHSANTI, 082331030 (2012) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
AFIK AHSANTI_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs AL-IKHSAN BEJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)

Abstract

Proses pembelajaran dirancang mengikuti prinsip-prinsip belajar mengajar. Belajar mengajar merupakan kegiatan aktif peserta didik dalam membangun makna atau pemahaman. Dengan demikian, peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta dapat menumbuhkan daya kreativitas. Salah satu cara agar pembelajaran lebih mengoptimalkan potensi peserta didik adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif. MTs Al-Ikhsan Beji, dalam pembelajaran tentunya tidak mengesampingkan mata pelajaran yang bermuatan agama Islam, salah satu ruang lingkup Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran Fiqh. Tujuan mata pelajaran Fiqh adalah untuk mengarahkan peserta didik agar dapat memahami pokok-pokok hukum Islam dan tata cara pelaksanaannya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran mata pelajaran Fiqh secara optimal serta untuk menjadikan kelas aktif dan memaksimalkan potensi peserta didik, maka perlu diterapkan strategi pembelajaran aktif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqh di MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqh di MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati oleh penulis. Proses pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah guru, peserta didik dan kepala MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. Dari hasil analisis data dapat diperoleh data sebagai berikut: dalam mata pelajaran Fiqh guru menggunakan strategi card sortdengan membagikan potongan kertas yang berisi materi dan peserta didik diminta menemukan kartu dengan kategori yang sama, everyone is a teacher heredengan meminta peserta didik untuk menjadi guru bagi teman-temannya melalui penjelasan jawaban sesuai pertanyaan, reading guide dansmall group discussiondengan mengajak peserta didik untuk menelaah bacaan dan menjawab pertanyaan serta berdiskusi dalam kelompok kecil, dan jigsaw learning yaitu dengan meminta peserta didik belajar secara mandiri dalam kelompok dan mengajarkan ke kelompok lain secara bergantian. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqh yang diterapkan adalah strategi card sort menjadikan peserta didik lebih mudah menyebutkan ketentuan puasa, everyone is a teacher here menjadikan peserta didik dapat menjelaskan macam-macam puasa sunnah, reading guide dan small group discussion menjadikan peserta didik leluasa berpendapat, jigsaw learning menjadikan peserta didik dapat menguasai 4 indikator pembelajaran dalam waktu singkat. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Fiqh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:01
Last Modified: 12 Aug 2016 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item