Deskripsi Status Sosial Ekonomi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyumas Desa Karangsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

ARTIKA NURWINDAH, 1522104011 (2020) Deskripsi Status Sosial Ekonomi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyumas Desa Karangsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
ARTIKA NURWINDAH_DESKRIPSI STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Salah satu kewajiban orang tua dalam membantu proses pendidikan anaknya adalah dengan cara memfasilitasi anak dalam pendidikannya di sekolah. Namun terdapat beberapa orang tua yang kurang memperhatikan hal tersebut, terutama bagi orang tua yang kondisi ekonominya rendah. Keadaan ekonomi orang tua erat hubungannya dengan kesempatan anak untuk menikmati pendidikan. Walaupun keadaan ekonomi orang tua memadai, tetapi apabila tidak memperhatikan pendidikan anaknya, hal itu juga akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Perhatian yang penuh dan bimbingan yang intensif dari orang tua dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa status sosial ekonomi keluarga dapat meningkatkan siswa terhadap prestasi belajar. Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui status sosial ekonomi keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Negeri 3 Banyumas. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu penulis melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan yang mendasarkan pada data-data kepustakaan atau dokumentasi yang pernah dilakukan dan data data lapangan sebagai pendukung penelitian. Adapun kesimpulan dari penulisan ini adalah : 1. tingkat pendidikan orang tua pada setiap informan pada tingkat SMP sampai dengan SMA, tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi prestasi belajar anaknya. Prestasi anak pada setiap informan menunjukkan bahwa prestasi belajar yang diperolehnya di kelas 3 MI mempunyai nilai yang bagus pada setiap semesternya. 2. Pekerjaan para informan terdiri dari karyawan swasta, pekerja harian lepas dan pedagang, tetapi untuk komunikasi yang dilakukan para orangtua yang mempunyai pekerjaan dapat memberikan bimbingan dengan baik dan teratur. Orangtua untuk berkonsentrasi dalam memberikan bimbingan terhadap anak-anaknya dalam belajar dan pemenuhan fasilitas belajar pada anaknya. 3. Para orang tua telah mempersiapkan untuk segala sesuatu yang akan terjadi dikemudian hari, yaitu dengan memiliki simpanan uang di bank guna keperluan pendidikan anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Keluarga, Meningkatkan Prestasi Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Jul 2020 08:25
Last Modified: 09 Jul 2020 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7482

Actions (login required)

View Item View Item