PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING DI SMA NEGERI 1 PURWOKERO

FARID NURKHOLISH, 1423301008 (2020) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING DI SMA NEGERI 1 PURWOKERO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FARID PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaaran Pendidikan Agama Islam melalui strategi active learning merupakan suatu strategi pembelajaran aktif dimana peserta didik dituntut untuk berperan secara aktif dalalm proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI melalui strategi active learning di SMA Negeri 1 Purwokerto dan Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran PAI melalui strategi active learning di SMA Negeri 1 Purwokerto agar dapat dicari solusi dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau filed research yang bersifat kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yakni keadaan menurut apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan. Penelitian ini diambil di SMA Negeri 1 Purwokerto. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalsis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Adapun hasil penelitian yang diperoleh, bahwa guru dalam penerapan strategi Active Learning dalam pembelajaran PAI. Strategi yang digunakan: Reading Guide, Everyone Is Teacher Here, Index Card Match, Metode Ceramah, Card Sort, Tanya jawab Selain itu, proses pembelajaran siswa dalam pembelajaran PAI menjadi aktif dan kegiatan belajar mengajar siswa tidak hanya duduk diam mendengarkan ceramah guru atau menghafal materi tanpa memahaminya tetapi siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga lebih mendalami materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan. Kegiatan belajar yang membuat siswa senang sehingga termotifasi dan bersemangat dalam belajar dan akhirnya memberikan kontribusi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Strategy, Active Learning
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Jul 2020 02:33
Last Modified: 09 Jul 2020 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7473

Actions (login required)

View Item View Item