MANAJEMEN PELAYANAN WISATA RELIGI MAKAM SUNAN GUNUNG JATI DI DESA ASTANA KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Rajabagus Salimuddin, 1617103029 (2020) MANAJEMEN PELAYANAN WISATA RELIGI MAKAM SUNAN GUNUNG JATI DI DESA ASTANA KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
RAJABAGUS SALIMUDDIN_MANAJEMEN PELAYANAN WISATA RELIGI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wisata Religi merupakan perjalanan spritual dalam mendekatkan kita kepada pencipta alam semesta Allah SWT, dengan melalui perantar kekasih nya yakni waliyulloh. Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon merupakan destinasi wisata religi yang sangat cocok sebagai salah satu tempat ziarah Wali Sanga, Makam Sunan Gunung Jati merupakan tempat peristirahatan salah satu Wali Allah yaitu Sunan Gunung Jati, seorang keturunan Rasullah SAW yang ke-21 menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para pengunjung. Mendengar makam sunan gunung jati tidak luput dari jumlah peminta-minta dan sebagian orang yang memaksa agar para pengunjung memberikan sebagian uang nya, hal tersebut menimbulkan keresahan pada sektor kenyamanan serta pelayanan. Melihat ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian secara mendalam mengenai Manajemen Pelayanan Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon.` Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pelayanan Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian diWisata Religi Makam Sunan Gunung Jati Desa Astana Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Data penelitian merupakan Data Kualitatif yang merupakan data Primer dan data Sekunder. Data diperoleh observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Pelayanan Wisata Religi Makam Sunan Gunung Jati meliputi Planning, Organizing, Actuanting, Controlling dan Segitiga Pelayanan. Penulis mendapatkan temuan terkait perencanaan yang disusun melalui jangka pendek dan panjang, pembagian tugas yang berbeda penyebutannya, namun tidak mengurangi tupoksinya, diaplikasikan dalam pemberian motivasi oleh juru kunci kepada pengurus makam, serta selalu melakukan pengawasan rutin agar mengetahui situasi dan kondisi di lapangan, dan dijadikan sebagai tolak ukur kesesuaian atau tidak dengan tujuan yang sudah dirumuskan sehingga memiliki bahan untuk terus melakukan evaluasi dan peningkatan. Segitiga Pelayanan sebagai penyempurna proses manajemen pelayanan, pelayanan yang menekankan pada jasa, yaitu dengan cara pengurus makam menyapa, mengarahkan, kemudian membimbing. Kata Kunci :Manajemen Pelayanan, Wisata Religi, Makam Sunan Gunung Jati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Wisata Religi, Makam Sunan Gunung Jati.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Jul 2020 04:00
Last Modified: 04 Jul 2020 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7409

Actions (login required)

View Item View Item