Latifah, Sundari (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN BAGI ANAK USIA DINI PADA KELUARGA PENYELENGGARA HOMESCHOOLING (STUDI PADA KOMUNITAS RUMAH BINTANG PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Latifah Sundari_Pelaksanaan pendidikan bagi Anak Usia dini pada keluarga Homeschooling.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak sejatinya adalah tanggungjawab orang tua.Dengan mendidikanak, orang tua melaksanakan fitrahnya. Bukanhal yang asing lagi dalam dunia pendidikan,homeschooling perlu dikembangkan secara terus menerus agar orang tua dan masyarakat dapat menerima dan memahami pendidikan dengan model homeschooling. Penelitian dengan judul “Pelaksanaan Pendidikan bagi Anak Usia Dini pada Keluarga Penyelenggara Homeschooling (Studi pada Komunitas Rumah Bintang Purwokerto)”, memiliki rumusan masalah bagaimana pelaksanaan pendidikan homeschooling yang ada pada Komunitas Rumah Bintang, dan apa motivasi keluarga Komunitas Rumah Bintang memilih pendidikan berbasis homeschooling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan bagi anak usia dini dan menjelaskan motivasi keluarga yang menjalankan pendidikan bagi anak usia dini dengan berbasis homeschooling pada Komunitas Rumah Bintang Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah orang tua dan guru pendamping atau pelatih. Sedangkan objeknya adalah pelaksanaan pendidikan bagi anak usia dini dengan berbasis homeschooling pada Komunitas Rumah Bintang Purwokerto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan bagi anak usia dini pada keluarga penyelenggara homeschooling pada Komunitas Rumah Bintang Purwokertomenggunakan metode danpendekatanbelajarCharlotte Mason danMotessoriyang selalu disesuaikan dengan bakat dan minat anak. Dalam pembelajarannya, Komunitas Rumah Bintang menggunakan panduankurikulum yang dipilihsendiriyaituFitrah Based Education atau FBE. Dan dalam proses penilaian pengembangan anak, Komunitas Rumah Bintang menggunakan evaluasi berupa portofolio anak dan buku kegiatan anak. Kekhawatiran orang tua terhadap maraknya kasus bullying pada masa kini menyebabkan orang tua mengambiljalurpendidikanhomeschooling,selain itu juga orang tua ingin mengembalikan fitrah anak dan orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | home schooling, sekolah dari rumah, PAUD homeschooling |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 04 Jul 2020 02:41 |
Last Modified: | 04 Jul 2020 02:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7403 |
Actions (login required)
View Item |