MANAJEMEN KURIKULUM PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT KUTTAB AL FATIH DEPOK

Sudrajat, Sudrajat (2020) MANAJEMEN KURIKULUM PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT KUTTAB AL FATIH DEPOK. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sudrajat_Manajemen Kurikulum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kuttab Al Fatih Depok.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen kurikulum sebagai proses pengelolaan kurikulum yang sistemik dan sistematik untuk mencapai tujuan kurikulum dan pendidikan yang ditetapkan. Manajemen kurikulum sangat berpengaruh terhadap kualitas dan maju mundurnya lembaga pendidikan. Sekolah yang inovatif dan solutif mengelola kurikulumnya akan diminati dan dicari. Kuttab Al Fatih Depok salah satu contoh lembaga pendidikan dengan kriteria tersebut. Kuttab Al Fatih Depok menerapkan kurikulum alternatif yakni kurikulum iman dan Al-Qur’an yang menawarkan solusi permasalahan pendidikan saat ini. Semua pembelajaran dan aktivitas siswa dikaitkan dengan kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis proses manajemen kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di Kuttab Al Fatih Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, lisan, atau perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, perencanaan kurikulum Kuttab Al Fatih Depoklebih bersifat sentralistik (top down) oleh tim Kuttab Al Fatih pusat meliputi perencanaan visi dan misi, target lulusan, muatan kurikulum, modul pembelajaran, metode pengajaran, dan kalender pendidikan. Diskresi tim Kuttab Al Fatih Depok sebatas memberikan masukan modul/kaldik dan perencanaan Rencana Kegiatan Kuttab (RKK). Kedua, pengorganisasian kurikulum Kuttab Al Fatih Depok dikembangkan dalam bentuk integratif atau terpadu dengan pendekatan tematik. Semua materi pelajaran dikaitkan dengan tema iman dan Al-Qur’an terutama di juz 30. Desain tersebut memudahkan dan mempercepat pencapaian tujuan kurikulum dan pendidikan, meski dibutuhkan kesiapan lebih dan kesamaan cara pandang di tingkat SDM. Ketiga, pelaksanaan kurikulum berbentuk pembelajaran tematik di tiap kelas oleh dua guru yakni guru iman dan guru Al-Qur’an. Kesamaan pandang dan gerakmulai perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, supervisi, pengembangan SDM dan kerjasama dengan orang tua menjadikan pencapaian tujuan lebih efektif dan efisien. Keempat, evaluasi kurikulum di Kuttab Al Fatih Depok dilaksanakan secara terjadwal harian, pekanan, semesteran dan tahunan. Evaluasi melibatkan banyak pihak seperti kepala Kuttab, guru, orang tua, dan Kuttab Al Fatih pusat. Itu menjadi nilai salah satu keunggulan di Kuttab Al Fatih Depok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Kuttab Al Fatih Depok
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 04 Jul 2020 02:00
Last Modified: 04 Jul 2020 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7396

Actions (login required)

View Item View Item