Melin, Nur Rohmah (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS DI SD ALAM BATURRADEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
MELIN NUR ROHMAH_PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS DI SD ALAM B.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Tujuan utama pendidikan yaitu menyiapkan peserta didik yang berintelektual dan berakhlak mulia sebagai generasi penerus bangsa. Namun saat ini telah banyak muncul beberapa fakta bahwa akhlak dan moral bangsa masih kurang baik. Salah satu faktornya yaitu karena pengaruh dari adanya globalisasi. Pengaruh dari adanya globalisasi akan menyebabkan dampak negatif jika tidak digunakan dengan baik. Hal ini menyebabkan terjadinya banyak penyimpangan seperti tindak kekerasan, tawuran, pemerkosaan, pergaulan bebas, dan lain sebagainya yang terjadi dikalangan masyarakat. Melihat fenomena ini, maka penanaman nilai-nilai religius disekolah itu sangat penting, serta didukung oleh orangtua dan masyarakat. Penanaman nilai-nilai religius ini penting dalam rangka untuk memberikan peserta didik pengalaman agama, berakhlak mulia dan berkepribadian luhur sesuai dengan ajaran agama. Pesoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu bagaimana penanaman nilai-nilai religius di SD Alam Baturraden? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanaman nilai-nilai religius di SD Alam Baturraden. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan fakta di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya terdiri dari penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses penanaman nilai-nilai religius di SD Alam Baturraden dilakukan dengan adanya kegiatan secara rutin dan berdampak positif pada peserta didik. Nilai-nilai religius yang ditanamkan pada peserta didik ada lima yaitu nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhlak dan kedisiplinan, nilai keteladanan serta nilai amanah dan ikhlas. Metode yang digunakan yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode perhatian dan metode hukuman. Proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai religius ada lima tahapan yang dilakukan meliputi tahap pengenalan, tahap pemahaman, tahap penerapan, tahap pengulangan dan tahap pembudayaan. Dalam tahapan ini bukan hanya fasilitator/ guru saja yang berperan tetapi semua warga sekolah, masyarakat dan juga keluarga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman nilai-nilai religius, sekolah alam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Ayuk Kusumaningrum |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 07:26 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 07:28 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7309 |
Actions (login required)
View Item |