IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO

SULIMAH, NIM. 1223305106 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SULIMAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, permasalahan yang muncul adalah bagaimana agar pembelajaran dan penyajian konsep IPA menyenangkan bagi siswa. Khususnya siswa tingkat dasar, tentunya dengan tidak melupakan tujuan pembelajaran IPA itu sendiri. Masih banyak peserta didik yang takut dan tidak menyukai pelajaran IPA. IPA dianggap sebagai pelajaran yang sulit, tentunya masalah tersebut akan berimbas pada hasil belajar siswa di sekolah. Untuk suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Pembelajaran harus menyenangkan yaitu materi yang disampaikan kepada peserta didik sudah ada dalam kehidupan sehari-hari mereka.Khususnya mata pelajaran IPA adalah salah satunya dengan menggunakan Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajari dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Proses belajar mengajar berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menuntut siswa untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu membuat siswa berperan aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian setudi kasus dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif-deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas III Umar bin Khotob, siswa kelas III Umar bin Khotob dan kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran IPA yang digunakan oleh guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokertotelah mencerminkan Implementasi Pendekatan CTL. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi terhadap metode pembelajaran yang telah sesuai dengan prinsip, model dan 5karakteristik CTL. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru memaksimalakan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan Standar Kompetensi dan kondisi siswa. Dalam pembelajaran guru melibatkan siswa untuk aktif dalam proses berfikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 10 Aug 2016 03:47
Last Modified: 10 Aug 2016 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item