PEMBENTUKAN DAN TRANSFORMASI CORE VALUES DI SEKOLAH ALAM

Fauzi, Fauzi (2018) PEMBENTUKAN DAN TRANSFORMASI CORE VALUES DI SEKOLAH ALAM. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 13 (1). pp. 17-27. ISSN 1907-9176

[img]
Preview
Text
CORE VALUES.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/search/...

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena keberhasilan sekolah alam dalam mewujudkan eksistensinya sebagai salah satu lembaga pendidikan alternatif di Indonesia. Keberhasilan tersebut bersumber pada kemampuannya membentuk dan mentransformasikan nilai inti (core values) yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembentukan dan transformasi core values yang berbasis kekhasan lingkungan dan kearifan lokal di Sekolah Alam Baturraden (SABar) yang dilakukan pada bulan Februari - Agustus 2017 di SABar yang berlokasi di hutan damar bumi perkemahan Baturraden. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model interaktif yang meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa seluruh kegiatan pendidikan dan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan holistik integratif dan menjadikan lingkungan alam hutan sebagai tempat, sumber, dan media belajar dalam rangka proses penyadaran, pencerahan, pemberdayaan, dan pembentukan karakter dan perilaku anak. Core values yang dikembangkan Sekolah Alam Baturraden berbasiskan pada lima nilai SABar yaitu soulfull, akhlak, beyond, achieve, dan responsible yang menjadi nilai khas dan branding Sekolah Alam Baturraden. Di samping itu tetap mewujudkan empat dimensi core values yang dirumuskan Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) yakni kurikulum, metode, lingkungan, fisik, dan komunitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sekolah alam, transformasi, core values
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Apr 2020 04:49
Last Modified: 09 Apr 2020 04:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7218

Actions (login required)

View Item View Item