KONSEP MENUNTUT ILMU MENURUT USTAZ ADI HIDAYAT

TANSAH PINAYUNGAN SAFA’AT, 1522402039 (2020) KONSEP MENUNTUT ILMU MENURUT USTAZ ADI HIDAYAT. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
TANSAH PINAYUNGAN SAFA’AT_KONSEP MENUNTUT ILMU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menuntut ilmu adalah hal yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan kita. Sebagai seorang manusia kita pasti belajar mengenai apapun. Pada saat kita mengamati sesuatu yang kita baru pertama kali melihatnyapun pasti kita akan belajar dari penglihatan tersebut. Apalagi kita sebagai seorang muslim yang merupakan khalifah fil ard dan memiliki kewajiban untuk beribadah kepada Allah Ta’ala juga tidak lepas dari aktivitas belajar. Sebagai seorang muslim, kita hendaknya belajar mengenal dan mendalami agama kita agar dapat melaksanakan ibadah secara maksimal dan benar menurut ajaranNya. Permasalahan yang hendak dijawab dari skripsi ini yang telah diuraikan yakni mengenai konsep menuntut ilmu yang diselaraskan dengan pendapat Ustaz Adi Hidayat. Selaku tokoh yang melakukan dakwah baru-baru ini dan beliau fokus mengentaskan umat untuk mampu memahami agama dengan benar sesuai tuntunan Rasulullah ﷺ. Beliau juga mengumpulkan hadist-hadits Nabi kemudian merangkumnya menjadi pedoman kehidupan umat Islam. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research) dengan memfokuskan diri untuk mengumpulkan, menganalisis, menyajikan serta menyimpulkan informasi berkaitan dengan pemikiran tokoh. Sumber penelitian ini ada dua macam yakni sumber primer yang berasal dari buku karangan Ustaz Adi Hidayat mengenai bekal menuntut ilmu berjudul al-Majmu’. Kemudian sumber sekundernya merupakan hasil video rekaman Ustaz Adi Hidayat menjelaskan mengenai isi dari buku yang berjudul al-Majmu’ dan buku-buku lain yang sesuai dengan isi dari penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah bahwa Ustaz Adi Hidayat mengelompokkan hadits-hadits Nabi yang beliau kumpulkan menjadi lima bagian penting dalam proses menuntut ilmu. Yakni yang pertama adalah keutamaan menuntut ilmu, kemudian yang kedua cara menuntut ilmu, berikutnya yang ketiga adalah cara menjaga ilmu, yang keempat adalah adab menuntut ilmu, dan yang terakhir adalah ruang prioritas menuntut ilmu. Dan kelima bagian tersebut adalah bagian penting yang harus diperhatikan oleh penuntut ilmu dalam melaksanakian proses beajar menimba ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep, Adi Hidayat, Menuntut Ilmu
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:45
Last Modified: 13 Mar 2020 02:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7193

Actions (login required)

View Item View Item